Cara Mengatur Keamanan pada Windows 8.1

Saat ini sistem operasi dari Microsoft bernama Windows 8.1 merupakan sistem operasi dengan tingkat keamanan yang baik sejauh ini. Perusahaan telah merombak berbagai macam fitur keamanan pada sistem operasi ini. Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan perlindungan untuk keamanan seperti Dynamic Acces Control dan Secure Boot. Namun keamanan Windows 8.1 telah menuai banyak kritik untuk sistem keamanan online. Para pengembang akhirnya memutuskan untuk mengatasi dan memberikan sistem keamanan yang lebih baik dari sebelumnya. Namun bagi anda yang memiliki sistem keamanan bawaan Microsoft, anda masih dapat memperkuat dan meningkatkan privasi dan keamanan pada komputer yang anda miliki. Berikut langkah-langkah untuk meningkatkan privasi dan keamanan pada Windows 8.1.

Cara Mengatur Keamanan pada Windows 8.1

Windows Update
Kode yang terdapat sistem operasi windows telah sering mengandung celah kesalahan untuk keamanan yang mana penting untuk dilakukan dengan menginstall windows update yang telah tersedia. Hal tersebut perlu dilakukan karena mengingat frekuensi kode program memiliki kelemahan identifikasi yang mana menyebabkan sistem menjadi terbuka dan dapat membuat software berbahaya masuk ke dalam sistem anda jika tidak segera diperbaharui. Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan stabilitas windows dan kinerjanya.

Cara tersebut dapat anda lakukan melalaui control panel lalu pilih windows update. Setelah itu, pilih change settings yang terdapat di sebelah kiri dan akhiri dengan install update otomatis yang terdapat di menu drop down

Microsoft Account
Hal selanjutnya untuk meningkatkan keamanan sistem operasi windows 8.1 anda dapat melakukan dengan membuat akun untuk PC yang anda miliki. Hal tersebut dilakukan untuk menjauhkan pengguna yang mengakses PC dengan menggunakan akun lokal dalam pengaksesan perangkat dan sebagai gantinya anda perlu menggunakan akun online dari Microsoft yang mana memungkinkan semua pengaturan, preferensi, dan aplikasi dapat disinkronkan pada perangkat windows anda. Selain itu, hal akun online yang anda miliki dapat mengunduh aplikasi yang tersedia pada windows store, sebaliknya jika anda menggunakan akun lokal, maka anda tidak dapat mengunduh berbagai aplikasi yang windows store sediakan.

Percaya pada PC
Sebelum melakukan sinkronisasi pengaturan yang anda inginkan, terlebih dahulu anda harus masuk ke control panel dan pilih action centre untuk dapat mengeklik “Trust this PC”.

Windows Defender dan MSE
MSE (Microsoft Security Essentials) merupakan software yang dirancang sebagai antivirus gratis yang disediakan windows. MSE berguna untuk melindungi PC anda dari serangan malware maupun virus yang dapat membahayakan sistem PC windows XP, Vista, dan Windows 7, namun pada windows 8, software tersebut diubah menjadi Windows Defender.

Windows Firewall
Windows Firewall bergunakan untuk mencegah beberapa malware yang mencoba memasuki sistem PC anda melalui jaringan online. Firewall juga sangat membantu dalam perlindungan worm dan hacker

Demikian tips-tips yang dapat kami sampaikan untuk meningkatkan keamanan pada komputer anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1. Hal-hal diatas tidak ada salahnya untuk dicoba demi perlindungan privasi yang terdapat pada PC yang anda miliki.

0 komentar:

Post a Comment


Top