Tips Merawat Motherboard Komputer

Motherboard merupakan salah satu perangkat keras komputer dimana memiliki peran penting yaitu mempunyai fungsi utama untuk menampung komponen-komponen komputer yang lain dan menghubungkannya satu sama lain. Untuk itu diperlukan sebuah perawatan khusus agar tetap awet. Seperti apa? Simak tips-tips berikut ini!
cara merawat motherboard

Beberapa upaya yang perlu anda lakukan untuk melakukan perawatan secara optimal bagi motherboard yang anda miliki antara lain adalah sebagai berikut.
  • Hal yang pertama kali harus anda ingat untuk melakukan perawatan motherboard komputer yang anda miliki adalah dengan cara melakukan pembersihan secara berkala. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan debu-debu yang menumpuk pada motherboard yang jika dibiarkan lama-kelamaan dapat mengakibatkan motherboard komputer yang anda miliki menjadi rusak. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa motherboard ini memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah komputer yakni sebagai tempat untuk menyatukan komponen yang satu dengan yang lainnya. Sehingga jika motherboard komputer yang anda miliki kotor maka dapat berakibat pada kerusakan komponen komputer yang ada di dalamnya. Karena itu pembersihan yang harusnya anda lakukan di sini bukan hanya pada bagian luarnya saja tetapi menjangkau bagian-bagian slot yang terdapat di dalam motherboard.
  • Tips merawat motherboard yang selanjutnya yaitu dengan upaya menggunakan stabilizer dan juga UPS. Dua hal ini penting sekali untuk anda perhatikan jika anda ingin motherboard komputer yang anda miliki mempunyai usia pakai yang lama. Pertama adalah stabilizer. Stabilizer mempunyai fungsi utama untuk mengatur jumlah arus listrik yang mengalir pada motherboard dan komponen yang ada di dalamnya agar dapat berada dalam keadaan yang stabil. Sedangkan untuk UPS sendiri memiliki fungsi yang teramat penting ketika anda sedang serius mengerjakan sesuatu pada komputer anda dan tiba-tiba listrik padam. Di sini komputer tidak langsung mati tapi secara perlahan-lahan sehingga motherboard tidak mati langsung dan usia pakainya menjadi lebih awet.
  • Pada motherboard terdapat slot-slot yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Karena hal tersebutlah, maka untuk menjaga motherboard yang anda miliki tetap awet, anda harus selalu memastikan bahwa anda memasang komponen sesuai dengan slot pada motherboard. Jika hal ini anda abaikan maka hal tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan.

Berikut diatas sedikit tips tentang cara merawat motherboard semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang memiliki komputer dirumah.

0 komentar:

Post a Comment


Top